Pengetahuan Terhadap Ruang Kedap Suara

Ada kalanya kita merasakan bising ketika di dalam rumah dan itu mungkin sangat menganggu Susana ketenangan. Walaupun banyak metode yang tersedia, pemilihan metode yang digunakan untuk mengurangi kebisingan sangat di pengaruhi bentuk ruangan itu sendiri dan tidak lupa mengenai uang yang kita miliki. Untuk memahami bagaimana sebuah ruangan kedap suara, pertama-tama perlu memahami sedikit tentang “suara.”.

Suara terdiri dari gelombang yang berjalan melalui medium. Beberapa bahan memiliki nilai ketahanan terhadap suara yang bagus sehingga membuat bahan tersebut kedap suara. Udara, misalnya, menawarkan ketahanan terhadap suara kecil oleh karena itu udara merupakan penyumbang utama terhadap suara yang tidak diinginkan di sebuah ruangan. Sumber kebisingan lain yang tidak diinginkan di dalam sebuah ruangan bisa berasal dari getaran. getaran terjadi ketika sebuah gelombang suara perjalanan bolak-balik dari satu objek yang lain. Hal ini dapat terjadi, misalnya, ketika gelombang suara menabrak di salah satu dinding ruangan, terpantul dari dinding itu, dan transfer energi ke dinding seberang.

Cara terbaik untuk mencegah masalah kebisingan adalah membangun ruang dengan bahan bangunan yang dapat mengurangi kebisingan. Bahan-bahan untuk mengurangi kebisingan in telah banyak kita temui di pasar tinggal kita pandai-pandai memilih apa yang kita mau sesuai dengan kebutuhan kita. Cara lain untuk ruangan kedap suara adalah dengan menghias dengan perabotan permukaan kasar, permukaan kasar menyerap suara, tidak seperti permukaan halus yang memungkinkan gelombang suara untuk perjalanan bolak-balik. Menerapkan tekstur yang spray akustik atau bahan kasar lainnya untuk langit-langit, misalnya, dapat membantu sebuah ruangan kedap suara. Dinding juga dapat diperlakukan hal yang sama untuk membantu membuat ruang kedap suara. Hal ini biasanya melibatkan teknik memaku pada beberapa jenis materi yang berat yang dapat memblokir gelombang suara yang menabraknya. Contoh materi yang dapat meredam suara antara lain karpet atau selimut untuk panel peredam suara , kemudian bahkan kardus kartonpun dapat digunakan untuk peredam suara yang bagus. Pintu dan jendela juga dapat menjadi sumber kebisingan. Kamar dengan pintu-masalah terkait dapat lebih kedap suara jika weatherstrips diterapkan pada kesenjangan sekitar pintu atau dengan membeli sebuah pintu yang solid. . Yang berhubungan dengan kebisingan jendela dapat dikurangi dengan membeli vinil berbingkai atau panel jendela ganda. Jika solusi mencari yang lebih murah mungkin dengan menggantung tirai di jendela mungkin cukup membantu dalam mengurangi suara yang masuk.

Jika orang yang memiliki rumah, dia mungkin ingin tahu apakah masalah suara dapat disebabkan oleh pola struktur bahan yang tidak memadai, kesenjangan dalam pola struktur bahan. Seorang kontraktor yang memenuhi syarat dapat menjadi partner untuk berkonsultasi tentang masalah ini bahkan ahli di bidang akustikpun juga bagus untuk dimintai pendapat, dan meskipun mungkin tidak murah untuk dimasukkan ke dalam pola struktur bahan yang baru. Banyak kemungkinan yang ada untuk membuat lebih banyak ruang kedap suara, termasuk membeli bahan diproduksi dirancang khusus untuk mengurangi kebisingan. Uang, waktu, dan kebutuhan merupakan faktor-faktor yang harus dipertimbangkan sebelum mengatasi masalah kebisingan.

6 thoughts on “Pengetahuan Terhadap Ruang Kedap Suara”

  1. KONSEP : PEMBUATAN PEREDAM SUARA DAN ACOUSTICAL
    FUNGSI : 1) Melindungi Telinga dari resiko tuli (cacat pendengaran) efek dari frekuensi tinggi.
    2) Menambah Kualitas kenyamanan harmonisasi music (acoustical) terhadap gema, dengung (reverb), dan bising yang berasal dari music dan pantulan dinding di dalam ruangan.
    3) Menahan suara (block) di dalam ruangan sehingga suara mengurangi tingkat
    kebocoran suara yang keluar.
    4) Menyerap Gema (acoustical) guna meng-absorb kebisingan suara yang berlebih atau pantulan-pantulan suara.
    5) Menambah kualitas suara pada music sehingga music dapat didengar dengan jelas dan dapat diserap dengan lebih baik oleh telinga.
    Mengapa kita membutuhkan peredam suara?
    Di dalam dunia music kualitas suara adalah hal yang paling diutamakan, karena suara dengan music memiliki kaitan yang sangat erat. Namun di sisi lain music juga memiliki dampak yang bisa negative terhadap kesehatan, terutama bagi pendengaran kita.
    Karena itu untuk menghindari dampak negative tersebut, maka dibutuhkannyalah “Peredam Suara” yang tidak hanya berfungsi untuk menahan suara ke luar ruangan (insulation) sehingga suara tidak bocor keluar, melainkan juga berfungsi untuk menambah kualitas (Acoustical) kenyamanan pendengaran terhadap gema, dengung, dan bising yang dihasilkan oleh music di dalam ruangan.
    Peredam suara dapat menahan, memblok, dan menyerap gema dari suara yang dihasilkan oleh music, guna mencegah kebisingan suara yang berlebih. Sehingga kualitas kejelasan suara pada music dapat didengar dan dapat diserap dengan lebih baik oleh telinga. Hal yang terpenting dari pertanyaan di atas “Mengapa kita membutuhkan peredam suara?” Peredam suara dapat melindungi telinga dan kejelasan suara (kualitas) sejak dini yang dapat mengurangi resiko Tuli (Cacat pendengaran) dan kekeliruan mendengar yang akan berefek permanent hingga di hari tua!
    Bagaimana cara untuk mengatasinya ?
    Untuk menjawab pertanyaan diatas, kami sebagai Perusahaan spesialis peredam yang sangat ahli dalam bidang instalasi peredam suara, memiliki solusi yang sangat tepat dan actual untuk mengatasi problem tersebut. Yaitu dengan cara memberi beberapa komponen – komponen peredam pada setiap bidang sisi di dalam ruangan dengan beberapa lapisan material, yang mana disetiap lapisannya memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda – beda. Di mulai dari product ASP50 – ASP60 (2lapis – 4lapis material) yang memiliki Daya redam dan Acoustical ruangan 65% – 70%, Hingga product ASP70 – ASP90 (5lapis – 7lapis material) yang memiliki Daya redam dan Acoustical ruangan 70% – 90%, Sehingga juga dapat di sesuaikan dengan kebutuhan peredaman yang diperlukan.

    Best Regard,
    Heryanto 0818181335/021-99033070
    heryanto@peredam.com
    http://www.peredam.com

  2. Artikelnya bagus.. saya mau sharing soal bahan peredam suara yang bagus, dibandingkan bahan peredam lain yang 8x lebih tebal dan gampang cara penggunaanya..

    coba kunjungi http://www.vokuz.com

    mereka juga menyediakan jasa design home theater/studio dan berbagai ruangan

    sekedar sharing saja karena saya merupakan salah satu customernya

  3. tolong dibantu mas untuk tenih pengerjaan ruangan kedap suara serta bahan yang digunakan,
    kebetulan ada pekerjaan untuk cafe, jadi mohon referensinya ya mas, trims banyak loh

  4. Ngikut share ya.

    Saya pernah menggunakan bahan untuk penyerapan suara (gema / gaung) di dalam ruangan, Yumen Board. Hasilnya: sangat memuaskan dan kualitas serta harga tidak kalah.
    Waktu pengerjaan (pemasangan) sangat cepat.
    Secara ekologis (lingkungan): sangat “fiendly”.

    Silahkan di search untuk “Yumen Board”.

    Salam
    Erna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>